Ungkap kasus pengeroyokan Sersan Kepala Heru Santoso

saat sorotan cenderung diarahkan terhadap tni ad mengenai kasus penyerbuan bersenjata ke lp cebongan, banyak Salah satu keuntungan dan cenderung dilewatkan, yakni bagaimana cara polisi menuntaskan kasus pengeroyokan sampai tewas sersan kepala heru santoso selama 'hugos cafe?

kepolisian indonesia harus langsung menuntaskan angka pengeroyokan dengan korban tewas sersan kepala heru santoso, kata ketua presidium indonesia police watch, neta pane, di jakarta, rabu.

pengeroyokan sampai tewas santoso (anggota komando distrik militer setempat, eks anggota grup 2 komando pasukan khusus tni ad) oleh kawanan preman pada 'hugos cafe inilah yang jadi titik pangkal penyerbuan bersenjata Satu grup, dan dinyatakan terdiri dari 11 personel kopassus tni ad daripada kandang menjangan, surakarta.

gerombolan preman penganiaya sampai tewas santoso, yang dari lama malang-melintang serta tak digulung penegak hukum pada situ tersebut, diungkap kepolisian daerah diy terdiri daripada empat pihak saja, yakni gameliel yermiyanto rohi riwu, adrianus candra galaja, hendrik angel sahetapi alias deki, juga yohanes juan manbait.

sehari setelah santoso dikeyorok sampai tewas dengan gerombolan juan, polisi menjerat keempat preman sadis tersebut. semula mereka ditahan selama sel tahanan markas kepolisian daerah diy; tapi akhirnya dipindahkan ke lp cebongan dalam Salah satu iringan berpengawalan polisi.

pimpinan lp cebongan paham, juan cum suis merupakan barang panas dan berpotensi masalah serius. sebab itulah bagian lp cebongan meminta pengawalan menetap 24 merek kepada polisi pada empat tahanan titipan polisi itu.

inilah titik awal kedua kerawanan yang tidak ditindaklanjuti dengan serius dengan polisi sebab pengawalan tersebut tidak pernah diberikan. cerita seterusnya, juan cs tewas direjang peluru selama sel tahanannya pada lp cebongan itu.

karena tersangka pengeroyokan santoso tersebut (juan cs) telah tewas dengan demikian proses hukum selanjutnya seolah dianggap tutup buku. padahal baru banyak pertanyaan menyisa dan harus dibuktikan kebenarannya.

pane, menilai, ketika tersebut santoso yang serta anggota kopassus dikeroyok 11 orang dan polisi baru menangkap empat orang. artinya masih banyak tujuh tersangka penganiaya hingga tewas santoso dan bebas berkeliaran. keuntungan ini yang belum sudah diungkap polisi kepada umum hingga kini.

menurut pane, peristiwa santoso selama 'hugos cafe ini merupakan berguna karena inilah yang menjadi motif penyerangan ke lp cebongan. bila polisi tidak kunjung menuntaskan angka 'hugos cafe, ipw mendesak agar tim investigasi tni ad turun tangan menginvestigasinya.

tim tni mesti berkurang tangan sebab angka 'hugos cafe Satu rangkaian dengan cebongan. selama jumlah 'hugos cafe belum dituntaskan, sebaiknya 11 anggota kopassus tersangka kasus cebongan jangan disidangkan lagi di peradilan militer sebab bisa adalah zat dan meringankan kepada mereka, papar pane.

menurut undang-undang acara, polisi sipil berwenang dan wajib menyidik serta menyelidiki pelanggaran pidana warga negara sipil; juan cum suis merupakan masyarakat negara sipil. agar anggota militer, keuntungan tersebut diselenggarakan polisi militer.

tim investigasi tni tak melihat persentasi cebongan dengan sepotong-sepotong namun harus melihatnya dengan menyeluruh. cctv di 'hugos cafe harus dibuka langsung supaya dikenal mana ada saja ke sebelas pengeroyok dan bagaimana mereka menghabisi santoso, kata pane.

Informasi Lainnya: