Yenny Wahid putuskan batal bergabung ke Demokrat

ketua umum dewan pimpinan nasional partai kedaulatan bangsa serta indonesia masih (dpn pkbib) yenny wahid dan kaum pengurus pkbib batal bergabung ke partai demokrat, dan bekerja sama dengan sikap berada di luar partai politik.

kami mengucapkan terima kasih pada bapak presiden sby atas tawarannya supaya bergabung ke partai demokrat, tutur yenny wahid kepada wartawan pada sekretariat dpn pkbib, jakarta, selasa.

menurut yenny, sebelum menentukan sikap batal bergabung ke partai demokrat, ibundanya, shinta nuriyah wahid menyarankan untuk ia membayar saran daripada kaum kiai pada jawa timur, jawa sedang, jawa barat, banten, serta dki jakarta, yang akhirnya memutuskan sikap berada selama luar struktur kepengurusan partai demokrat.

yenny juga pilihan kali telah bertemu dengan ketua dewan publik partai demokrat susilo bambang yudhoyono, setelah tawaran itu, tapi tak pernah membicarakan posisinya pada struktur partai.

pilihannya batal bergabung ke partai demokrat bukan sebab tidak jabatan, yaitu diperkenankan menjadi wakil ketua publik, tapi karena visi ke depan, yakni kaum pengikut almarhum kh abdurrahman wahid (gus dur) tetap memperjuangkan prinsip-prinsip mutu perjuangan dan cita-cita gus dur soal kebangsaan, pluralisme, kemanusiaan, dan sebagainya.

meskipun aku batal bergabung ke demokrat, namun bukan berarti istirahat daripada panggung politik nasional. saya serta kader pkbib ingin mendukung salah Satu figur di pilpres 2014, dengan ormas gatara (gerakan kebangkitan rakyat) yang didirikan oleh gus dur, katanya.

sedangkan, pada kader pkbib yang telah mendaftarkan diri dibuat bakal calon anggota legislatif (bacaleg) selama partai politik, berdasarkan yenny, tidak masalah kecuali ke pkb serta pks, sebab visi, misi serta ideologinya dan berbeda.

khusus supaya pkb, menurut dia, selama gus dur tidak dikembalikan dijadikan ketua publik dewan syuro melalui muktamar pkb, dengan demikian dalam itu pula tidak hendak masuk pkb.

sebelumnya, gus dur dilengserkan daripada posisi ketua publik dewan syuro pkb di muktamar luar biasa (mlb) pada ancol, jakarta. demikian dan harus dikembalikan. maka, muktamar ancol mesti dibatalkan, tegas yenny dulu.

yenny berharap, elit pkb mesti punya kesadaran agar membayarkan lagi marwah gus dur itu, walau beliau telah almarhum.

jika marwah gus dur tidak dikembalikan, kemarin aku bergabung dengan pkb, tersebut sama saja melalui mengkhianati ayah aku sendiri. supaya itu, di pemilu 2014 nanti, rakyat serta masyarakat nu yang bisa menilai, apakah pkb masih pantas ditekuni atau tak, tukasnya.

Informasi Lainnya: