45 negara hadiri Diskusi Pertahanan Internasional Jakarta

ada 45 negara mengikuti dialog pertahanan internasional jakarta (jakarta international defense dialogue/jidd) 2013 yang diadakan berkat kerja sama kementerian pertahanan, kementerian luar negeri dan international peace institute dalam rabu-kamis (21/3) di balai sidang jakarta (jcc).

kepala pusat komunikasi publik kementerian pertahanan (kemhan), brigjen tni sisriadi, dalam jakarta, rabu, menyatakan, selain perwakilan 45 negara tersebut, sejumlah menteri pertahanan dalam wilayah asean dan eropa serta menghadiri forum diskusi pertahanan paling besar di asean itu, diantara lain malaysia, china, singapura, pakistan, jepang, korea selatan juga spanyol.

forum jidd 2013 dan mempertemukan kaum pemimpin, perwira, akademisi dan penanggung jawab kebijakan daripada semua wilayah pasifik dan delegasi negara asia, eropa, amerika serikat juga australia tersebut dibuka dengan langsung dengan presiden susilo bambang yudhoyono.

menurut dia, di pembukaan jidd diisi pidato menteri pertahanan purnomo yusgiantoro, presiden susilo bambang yudhoyono juga perdana menteri timor leste xanana gusmao dan pemutaran film the asia pacific century serta diskusi melalui topik the rise of asia and new geopolitics in the asia-pasific region serta impact asia economic power, defence, and diplomacy.

jidd 2013 adalah forum pembicaraan seputar pertahanan serta diplomasi. pengangkatan isu diplomasi serta pertahanan di wilayah asia pasifik dimaksudkan mewujudkan lingkungan yang dapat dijadikan sebagai tatanan wilayah yang damai, transparansi serta kepercayaan pada antara institusi pemerintahan maupun militer antarnegara.

kegiatan jidd dimaksud bertujuan untuk mempromosikan kerja sama antarpemerintah di menghadapi ancaman-ancaman dan tantangan-tantangan bersama, tutur komite pengarah jidd 2013, eris herryanto.

Informasi Lainnya: